persyaratan monetisasi youtube 2019

Tak dapat dipungkiri, youtube kini telah menjadi platform video sharing terbesar. Menurut youtube, setiap menitnya terdapat sekitar 400 jam video yang diupload ke server mereka. Tak heran bila hal ini membuat youtube semakin memperketat persyaratan monetisasi.

kalian tentunya sudah tau ya sob… apa itu monetisasi. Ya, monetisasi adalah salah satu program youtube untuk memasang iklan pada video yang diupload seseorang ke channel mereka.

Agar video kalian dapat dimonetisasi, Youtube menetapkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh para content creator agar channel mereka dapat di review dan akhirnya dapat ikut bergabung dalam program partner youtube.

Persyaratan monetisasi youtube 2019 mengharuskan content creator untuk dapat mengumpulka 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam jangka waktu 12 bulan.

Namun, banyak diantara content creator baru, atau youtuber baru, yang baru membuat channel bingung dan tidak memahami persyaratan tersebut. Tak jarang menimbulkan banyak persepsi dan pertanyaan diantara mereka.

Berikut adalah beberapa pertanyaan, yang sering ditanyakan oleh para content creator baru, yang baru membuat dan mengupload video ke channel mereka, diantaranya adalah :

  1. apakah jika saya sudah mencapai 1 tahun dan jam tayang belum memenuhi 4000 jam, maka jam tayang yang sudah saya dapatkan akan di reset dari nol?
  2. jika saya tidak berhasil mengumpulkan 4000 jam tayang dalam jangka waktu 12 bulan apakah channel saya akan ditutup?
  3. bagaimana cara menghitung 4000 jam, dimulai dari ketika kita baru membuat channel atau dimulai dari ketika kita upload video terbaru, atau dimulai ketika kita baru selesai mendaftar adsense?

nah, itu adalah beberapa pertanyaan yang sering sekali mimin temui, ketika mimin mengikuti post-post di group youtuber baik itu di facebook maupun di whatsapp.

Jadi gini ya sob… mengenai jam tayang ini mimin akan memberikan sedikit penjelasan menurut pemahaman mimin sejauh ini dan hasil googling ke youtube sendiri tentunya :D.

jadi untuk menghitung 4000 jam tayang itu sederhananya dimulai dari hari ini sampai 365 hari yang lalu, misalkan hari ini tanggal 9 Maret 2019 maka jam tayang yang dihitung adalah jam tayang mulai dari tanggal 10 Maret 2018, jika jam tayang kalian sudah 4000 jam dan 1000 subscriber selama periode itu maka channel kalian berhak untuk ditinjau oleh pihak youtube. jadi bukan dimulai dari pertama kali membuat channel, pertama kali upload video atau pertama kali kalian mendaftar adsense ya bro… 😀

Selain itu, jika kalian tidak memenuhi 4000 jam tayang dalam jangka waktu 12 bulan atau 365 hari ini. Jam tayang yang kalian dapatkan kemarin-kemarin ga dihapus atau ga dimulai dari nol bro… ( Kayak iklan Perta***na aja 😀 ), hanya saja, jam tayang yang kalian dapatkan diluar rentang periode 365 hari kebelakang itu tidak dihitung oleh pihak youtube. Jadi ketika kalian sudah membuat channel youtube selama 2 tahun terakhir, dan baru setahun terakhir channel kalian bisa mendapatkan 4000 jam, maka yang dihitung itu adalah 4000 jam setahun terakhir, yang tahun sebelumnya ga dihitung bro… 😀

Untuk memudahkan kalian memonitor perkembangan channel kalian, youtube sebenarnya telah menyediakan aplikasi creator studio, disitu kalian bisa melihat berapa jam tayang yang sudah kalian dapatkan. Oke jika kalian tidak tahu dimana melihat perolehan jam tayang kalian selama 365 hari kebelakang. Mimin akan memberikan kalian sedikit pencerahan :p

Jadi kalian harus menginstall aplikasi creator studio di hp kalian, setelah itu kalian akan diminta login. Dan loginlah menggunakan akun email kalian bro… yang kalian gunakan untuk mendaftar channel youtube kalian. Untuk link download aplikasi creator studio kalian bisa klik disini. setelah itu silahkan kalian buka aplikasi creator studio kalian.

Dashboard creator studio

Nah,diatas adalah tampilan dashboard dari creator studio bro… untuk melihat lebih jauh berapa jam tayang yang sudah kalian dapatkan selama 365 hari terakhir, kalian bisa klik view more bro.. 😀

tampilan watch time 28 hari terakhir

maka nanti kalian akan melihat tampilan watch time selama 28 hari terakhir, ini adalah data dari jam tayang video kalian atau channel kalian selama 28 hari terakhir, untuk merubah menjadi 365 hari atau untuk melihat data 365 hari terakhir kalian harus klik watch time tersebut.

Setelah kalian klik watch time kalian bisa merubah periode data yang akan ditampilkan menjadi 365 hari terakhir ( 1 tahun ) dan melihat perolehan jam tayang kalian selama satu tahun terakhir, perhatikan gambar dibawah ini.

tampilan data 365 hari terakhir

Jadi gimana bro? udah tau kan cara melihat data jam tayang satu tahun terakhir?… 😀

Jadi kesimpulannya, jam tayang yang akan dihitung oleh youtube untuk pengajuan monetisasi adalah jam tayang satu tahun terakhir, dan tidak ada istilah mulai dari nol :D, hanya saja jam tayang diluar periode 365 hari itu tidak akan dihitung saat pengajuan monetisasi bro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *